Perjalanan Umrah Part 2 (Scoot Airlines)

Saturday, March 09, 2019

"Jeddah, Saudi Arabia", 2019

Sebelum memulai perincian harian apa saja yang dilakukan saat Umrah, berikut ini adalah sedikit penjelasan dari trip kemarin. Maskapai kami : Scoot Airlines.

Scoot ini adalah anak perusahaan Singapore Airlines, tahun lalu kami 14 kali terbang menggunakan pesawat Singapore Airlines, karena merasa sangat nyaman. Tapi baru pertama kalinya mencoba Scoot, yang mana adalah LCC (low-cost carrier) milik Singapore Airlines sejak Juni 2012. Ternyata pelayanan Scoot sama bagusnya.


Scoot terbang 3 kali seminggu dari Indonesia ke Jeddah via Changi Singapura. Boeing 787 Dreamliner adalah pesawat yang menerbangkan kami ke Jeddah, dengan seating row Scootbiz 2-3-2 dan kursi ekonomi 3-3-3. Penerbangan menuju Jeddah di Indonesia sendiri tersedia di 5 kota yaitu, Jakarta, Surabaya, Denpasar, Palembang dan Pekanbaru. Di Cengkareng, Scoot berada di Terminal 3 (yang baru).

Harga tiket pesawat PP ke Jeddah yang ditawarkan mulai dari Rp. 13.000.000 untuk kelas ekonomi, dan mulai dari Rp. 18.000.00 untuk kelas ScootBiz (bisnis). Sangat terjangkau dibandingkan maskapai lainnya. Lalu apa yang membedakan Scoot dengan maskapai lain? It can save your budget! Perjalanan Umrah bukanlah perjalanan yang murah, dan ternyata biaya pesawat sendiri bisa lebih dari setengah dari biaya Umrah. Bermitra dengan lebih dari 100 agen perjalana, yang bisa kamu tanyakan, saat memesan paket Umrah kamu.


Untuk Scootbiz kursinya lega sekai apalagi untuk perjalanan jauh, karena kursi bisa disandarkan lebih ektra dan headrest bisa diatur sesuai sandaran kepala yang diinginkan. Sudah termasuk makanan, BoardMeFirst, ScootTV, dll tanpa tambahan biaya.


Untuk kelas Ekonomi, sandaran kursi juga bisa di recline cukup lumayan, dan tersedia juga fasilitas lainnya yang akan aku jelaskan ya dibawah.

Walau LCC airlines, tapi dapatnya full-service dengan kursi standar. Ini nih fasilitas yang kamu dapat saat berangkat ke Jeddah dengan pesawat Scoot :
  • Jatah bagasi check-in 30 kg.
  • Jatah bagasi kabin penumpang ekonomi sampai 10 kg, ScootBiz 15 kg.
  • 1x makanan hangat (pagi/siang/malam) bersertifikat halal dan 1x makanan ringan.
  • Selimut, dan bisa dibawa pulang setelah dipakai.
  • Jatah bagasi air zamzam 5 kg.
  • ScooThru, konektivitas tanpa hambatan antara Indonesia, Singapura, dan Arab Saudi, penumpang tidak perlu melewati imigrasi dan check-in pada saat transit di Singapura. Bagasi check-in akan langsung diangkut ke tujuan terakhir, dan apabila terjadi delay sehingga penumpang ketinggalan penerbangan lanjutan, penumpang akan diberangkatkan dengan penerbangan yang tersedia berikutnya tanpa biaya tambahan.

Selimut lucu kuning yang bisa dibawa pulang untuk seluruh penumpang ScootBiz dan Ekonomi, setelah kita gunakan diatas pesawat. Untuk menu makanannya juga lumayan mirip layanan maskapai yang full-service. Nah ketika akan tiba di airport, di Boeing 787 Dreamliner akan dinyalakan mood lamp yang warna-warni.

Mau ekstra tambahan lainnya? Pembelian fasilitas modern juga tersedia :
  • Konektivitas Wi-Fi dalam penerbangan, jadi bisa internetan di pesawat. Cara pakainya nanti bisa langsung ditanyakan pramugari.
  • ScootTV, layanan hiburan yang menyajikan lebih dari 100 tontonan via smartphone.
  • Stop kontak, saluran listrik di kursi. Jadi mau nge-charge smartphone, kamera atau laptop juga bisa.
  • Scoot Café, menyediakan makanan hangat, makanan ringan, dan minuman.
  • BoardMeFirst, layanan prioritas berada di antrian terdepan sebelum masuk pesawat.
  • Flexiroam, setiap pembelian tiket pesawat Scoot, bisa mendapatkan Flexiroam microchip yang dipakai di smartphone apapun, untuk koneksi internet di 130+ negara. Atau tukar Flexiroam dengan koneksi Wi-Fi di pesawat.
  • Scoot-in-Style, boarding masih lama? Bisa menggunakan layanan Airport Lounge di Changi untuk 3 jam dan 6 jam, dengan memesan lewat website FlyScoot.
  • Get-a-Visa, ajukan Visa secara online melalui website FlyScoot, sebelum atau sesudah membeli tiket.
  • Dan masih banyak lagi.

Serunya trip kemarin, setiap mendarat kita bisa foto bareng dengan pilot, co-pilot dan crew pramugari-a di pesawat. Karena ini media trip jadi kita dikasih waktu foto, setelah semua penumpang turun pesawat.

Gimana servisnya Scoot? LCC tapi rasanya full service yang on budget. Apalagi kalau tiketnya yang ScootBiz, beberapa layanan diatas ga perlu beli tambahan, seperti gratis makanan, ScootTV, stop kontak, dan berbagai keistimewaan lainnya.

Dari seluruh info diatas, bisa juga langsung kamu cek ke website FlyScoot (dalam Bahasa Indonesia), sehingga bisa sekalian cek nih harga tiket pesawat, siapa tahu mau sekalian jalan-jalan kan ke negara lain.

www.flyscoot.com/id


Kota Jeddah tempat kita mendarat dan berangkat pulang adalah kota yang sudah maju, dibanding Madinah dan Mekkah, kota ini mirip kota besar di negara maju lainnya. Biasanya juga, jemaah Indonesia belanja oleh-oleh pas waktunya mau pulang, supaya saat di Madinah dan Mekkah ga ribet packing oleh-oleh, tetep fokus sama ibadah.


Berapa biaya yang ditawarkan untuk keseluruhan paket Umrah?

Kemarin aku nanya sama Zamzam Travel (part of G-Tour, www.g-tour.id/) yang memberangkatkan kita semua. Harga untuk yang menggunakan pesawat Scoot, Hotel yang bintang 4 mulai dari Rp. 24 Juta. Hotel bintang 5, mulai dari Rp. 26 Juta. Kita paket Umrah yang Platinum artinya hotel bintang 5.

Nah cuma kemarin katanya kita dapet upgrade jadi hotelnya yang lokasi terbagus, jajaran Ring 1 yang terdepan dan dekat Masjid (apalagi saat di Makkah paling terdekat) jadi itu bisa ada tambahan lagi ya. Ini diluar Visa, Biometrik dan Vaksin yang kemarin aku share. Nah untuk totalnya aku pun kurang tahu, hehehe. Bisa langsung kontak aja atau DM Instagram @gtour.id. Kamar pun bisa request, mau 1, 2, 3, 4 bed, karena hotel-hotel biasanya menyediakan tipe berbagai bed. Jadi bisa muat buat 1 keluarga.

Daftar hotel kita :
Madinah, Al Nokhba Royal Inn
Mekkah, Al Safwah Royale
Jeddah, Red Sea Palace


Pengeluaran biaya Umrah lainnya ada ga sih yang perlu disiapkan?
Biaya pakaian Umrah khususnya perempuan, mesti punya banyak dress/abaya/gamis. Jadi ya disitu aja penambahannya. Kalau udah punya, ga perlu beli apa-apa lagi. Koper pun udah dikasih kan sama travel agent.

Tenang ga bakalan kalap kok pengen belanja pas Umrah, karena disana kebanyakan toko ya jualannya makanan, parfum atau peralatan shalat, hehehe. Beli oleh-oleh juga ga akan bisa banyak, karena koper ga akan muat.

Sekian Perjalanan Umrah Part 2.
Link Part 1 - Persiapan Umrah.
Link Part 3 - Madinah.
Link Part 4 - Mekkah.

  • Share:

You Might Also Like

1 comments

  1. Kak utk 27jt itu sdh termasuk biaya tincian yg tertera diatas atw masih ada biaya tambahan lain sperti iuran utk driver?krn manasik umroh hrganya blm tercantum,supaya sya bisa prepare kan.

    ReplyDelete