Cara Membuat Popsicle/Es Stik Buah

Thursday, February 23, 2017

"Membuat es stik buah itu mudah", 2017
(Lana 3 tahun 6 bulan)

Sehat tapi seru! Biasanya bukan hal yang gampang digabungkan, tapi cobain deh #PhilipsHealthyTips yang satu ini. Es stik buah (atau bahasa kerennya popsicle) adalah perpaduan sehatnya buah-buahan dan serunya makan es. Apalagi kalau mereka lagi siang-siang kegerahan minta cemilan.

Tidak semua anak suka buah, kebetulan Lola dan Lana penggemar buah, jadi udah pasti saya selalu harus punya stok di rumah. Cuma ya kadang saat buahnya lagi menipis dan belum sempat belanja, mem-blender buah bisa jadi alternatif yang mengenyangkan buat mereka. Hasilnya bisa berupa jus atau es stik buah, sama-sama enak.

Ini dia step-by-step #PhilipsHealthyTips untuk pembuatan es stik buah. Blender Philips (di rumah saya punya 3, hehe maklum emang dari kecil udah pake Phiips ga mau pindah ke lain hati, jadi punya beberapa dengan keperluan berbeda). Kali ini saya menggunakan yang Philips HR 2115, karena mudah untuk menuangkannya bersama anak, jika mereka ingin mencoba. Bahan tabungnya plastik dengan kapasitas 2L.

Pertama siapkan buah-buahan dengan berbagai variasi, pilih yang warnanya cerah agar anak lebih menyukainya. Selain Melon, Semangka, Buah Naga, buah seperti Strawberry, dan Mangga juga bagus hasilnya sesudah di blender.

Potong buah Kiwi dan Nanas ukuran kecil-kecil, sebagai hiasan. Masukan ke dalam cetakan es stik buah. Biarkan anak yang mencoba tugas ini karena bagus untuk melatih motorik. Gunanya hiasan, juga sebagai penopang es stik buah agar tidak mudah patah saat sudah mulai mencair.

Masukan dari buah dengan warna termuda terlebih dahulu hingga warna tertua ke dalam blender. Ini menghemat waktu agar blender tidak perlu bolak-balik dicuci setiap memasukan buah-buahan. Saat mem-blender, saya menggunakan tombol nomor 1 untuk buah, agar tidak rusak nutrisinya. Anak-anak juga dengan mudah bisa menekan tombolnya.

Tuang buah ke dalam cetakan es stik buah. Setiap buah tersisa bisa dituang ke gelas dan disajikan sebagai jus. Lakukan hingga semua buah ter-blender.

Tutup rapat es stik buah dan simpan di dalam wadah yang pas. Tujuannya agar tidak tumpah saat kita masukan ke dalam freezer. Kadang kala, tekanan udara di dalam cetakan bisa membuat tutup es stik terangkat.

Masukan ke dalam freezer. Biasaya 4 jam sudah jadi, namun es stik buah mudah patah, sehingga amannya didiamkan selama 1 hari, agar benar-benar beku sempurna.

Nikmati #SerunyaMakanBuah bersama anak-anak dan ajari nutrisi penting dalam buah, baik untuk kesehatan mereka. Kalau saya suka cerita, rajin makan buah bisa bikin rambut lebih berkilau karena sehat tidak kusam (dikaitkan dengan hal yang mereka sukai, kebetulan Lola & Lana suka tokoh princess yang rambutnya tergerai). Selain itu jadi rajin makan buah biar ga gampang sakit karena banyak vitaminnya.

Selamat mencoba, dan jika ingin tau blender Philips mana aja nih yang berhadiah cetakan es stik buah, bisa cek [DISINI]. Atau gabung fanpage FB : Philips Home Living ID untuk mengetahui tips lainnya.

  • Share:

You Might Also Like

1 comments

  1. Wih bisa jadi alternatif baru nih biar anak gak jajan eskrim sembarangan lebih baik bikin sendiri kayak gini apalagi bahan dasarnya buah hehe

    ReplyDelete