Hong Kong Trip Part II (Disneyland)

Wednesday, April 27, 2016

"Our magical moment at Hong Kong Disneyland", 2016
(Lola 4 tahun 8 bulan)

Bagi saya, DISNEYLAND adalah salah satu destinasi impian yang ada pada bucket list, dan beruntung sekali Hong Kong adalah negara terdekat yang bisa saya kunjungi. Awal mula perjalanan kesana memang ingin menyenangkan diri sendiri namun sekaligus menyenangkan Lola. Saya kemarin banyak browsing kesana kemari, yang mana saya cukup bingung juga sih sebenernya karena kebanyakan informasi, maka dari ini saya akan menulis review yang lebih simpel beserta tipsnya ya.

Hong Kong Disneyland berada di pulau Lantau sangat dekat dengan bandara. Penginapan di Disneyland Resort ada sebetulnya, tapi rate-nya termurah Rp. 4 juta perkamar, jadi menginap di Novotel Citygate juga sudah cukup karena sangat dekat dan akses MTR langsung di bawah hotelnya.

TRANSPORTASI
Menuju ke Disneyland dari Citygate. Start dari MTR station di Tung Chung - Sunny Bay, lalu pindah jalur dimana kita akan menaiki kereta dengan jendela Mickey Mouse. Dari situ langsung turun ke Disneyland Resort Station. Lucu banget deh stasiunnya, kayak masuk era 40-an.

TIKET
Saya membeli tiket dari Jakarta melalui agen tur, kemarin pakai Dwi Daya. Pemesanan minimal 2 minggu sebelum keberangkatan tapi ga bisa lebih dari sebulan juga karena ada masa expired. Saya kurang ingat persis harganya, karena setiap hari berubah, tapi kurang lebih Rp. 1,500,000 untuk saya dan Lola (dewasa & anak).

ATRAKSI
Di pintu masuk, jangan lupa ambil peta dan jadwal acara, supaya kita bisa atur waktu antrian. Karena kemarin tidak terlalu ramai, jadi waktu antrian tiap atraksi 15 - 40 menit, tergantung atraksinya.  

Fantasyland. Ini adalah area wajib kalau membawa anak perempuan, karena isinya princess dan istana. Disini permainannya memang untuk anak kecil semua. Saya suka banget Mickey & The Wonderous Book, pertunjukan 4D yang kalau kata saya sih KEREN! Lola seneng banget pas nonton. Selain itu kita suka juga "it's a small world", kalau di Dufan disebut Istana Boneka, tapi atraksi ini emang ada di berbagai theme park di dunia. Di dalemnya detail banget, jauh sama di Dufan, ini sih kebangetan teliti kayaknya pas dibangun, terlalu detail.

Di Fantasyland kita bisa foto sama tokoh-tokoh princess favorit. Sayang kemarin kami tidak banyak waktu, jadi cuma bertemu Elsa dan Anna. Totalnya ada 12 atraksi disini yang bisa dimainkan anak semua umur.

Tomorrowland. Area sophisticated ini termasuk favorit saya, karena berbau luar angkasa. Ada roller coaster Space Mountain, yang mana itu roller coaster di dalam gelap, asli gelap gulita. Suami bilang, katanya dia suka banget sampai naik 3 kali, eh pas saya cobain... APA INI!!!! Untuk anak kecil sih bisa shocked ya tapi si Lola berani pas naik dan mukanya ga berekspresi, saya aja yang suka roller coaster kapok naik ini. Ini mirip sama yang di Universal Studios, tapi kalau ini kenceng banget, jadi mau muntah rasanya. Mungkin seru buat suami saya, karena di Disneyland mainannya anak-anak semua.

Disini ada Stitch Encounter, yang kata suami saya keren karena virtual dan bisa interaksi sama kita, sayangnya saya ga sempet masuk, karena yang pakai bahasa Inggris tayangnya cuma 2 kali. Begini nih kalau suami istri ke Disneyland ga barengan, jadi kurang singkron mana yang disaranin oleh orang dewasa sama mana yang dijalanin bareng bocah. Totalnya ada 6 atraksi disini.

Mystic Point.
Jujur saya sih paling suka mainan disini, karena ga terlalu bocah. Atraksinya emang cuma 2 tapi keren. Mystic Manor itu semacam masuk ke rumah antik, naik mobil magnet, terus di dalamnya ada pajangan-pajangan yang bisa bergerak, tapi suka banget saya. Sayang ga bisa foto karena gelap dan interaktif. Lola pun bilang dia paling suka atraksi di Disneyland di Mystic Manor daripada area Fantasyland. Toss dulu ya nak, ga cuma keren tapi parah sih detail interiornya, curiga perfeksionis yang buat.

Grizzly Gulch. Area ini mirip daerah cowboy, saya sih ga suka ya, jadi numpang lewat doang dan cuma ada 2 atraksi permainan.

Toy Story Land. Kalau ini sebenernya ga menarik menurut saya, soalnya mainannya bikin pusing semua, hahaha. Disini ada 4 atraksi. Nah pas di souvenir shop area ini saya beli Buzz Lightyear yang sayapnya bisa muter dan lampunya kerlap kerlip, keren kalau kata saya hahaha.

Adventureland. Ini alternatif area terakhir menjelang malam, karena bisa siap-siap cari tempat duduk buat nonton Disney Paint The Night Parade. Ada 5 atraksi disini cuma ya bukan yang bikin jantung berdebar, Hong Kong Disneyland itu beneran buat bocah mainannya.

SHOWS
Dari yang paling favorit :
  1. Disney In The Stars Fireworks (8.30 PM). TOOOO MAGICAL FOR ME! Saya speechless sih pas nontonnya, kebayang itu kembang api di langit bagusnya minta ampun. Fireworks adanya sesudah Paint The Night Parade. Saran saya duduk persis di depan Istana Sleeping Beauty biar keliatan jelas.
  2. Disney Paint The Night Parade (7.30 PM). Aduh bagus banget liatnya, orang gede aja seneng apalagi anak kecil. Keren! Duduknya 1 jam sebelum acara dimulai ya. Jadi cari tempat duduk yang sekiranya deket aja sama Sleeping Beauty Castle, makanya dari Adventureland itu deket banget. Ini adalah LED parade, dan paling keren pas Cars, itu LED lights-nya banyak banget.
  3. Flights of Fantasy Parade (3.00 PM). Bagus banget, sama bagusnya sih sama yang parade malam, bedanya kalau ini berinteraksi sama anak-anak, durasinya 20 menit. Kemarin pas suami kesini hujan, jadi diganti Mickey Rainy Day Express, itu cuma naik mobil sebentar banget para cast member-nya dan pakai jas hujan. Beruntung pas saya dan Lola lagi ga hujan.
STAGE
Ada beberapa panggung di dalam Disneyland, dimana kita bisa nonton performance dari Disney Cast. Tiap panggung punya keunikan tersendiri. Ada Festival of The Lion King, Mickey and The Wonderous Book, dan Disney's Storybook Fantasyland.

FOOD
Ada resto Halal disini yaitu, Explorer's Club (Mystic Point), dan Tahitian Terrace (Adventureland). Porsi makan siang disini cukup besar, dan harganya juga lumayan. Satu orang sekitar Rp. 200,000, kadang ada juga food stall kecil yang jual semacam jus bisa Rp. 70 ribuan. Jadi kalau sekeluarga ya dikira-kira aja pengeluaran makan siang sama makan malamnya. Waffle Mickey sekitar hampir Rp. 100.000.

SOUVENIRS
Kalap! Itu yang terjadi sama saya, karena lucu-lucu banget dan murah! Namun ya menurut saya, belanja souvenirs itu harusnya pas pulang aja, biar ga repot bawa plastik belanjaan, lagian di airport juga ada toko Disneyland gedeee, sambil nunggu boarding pesawat masih bisa belanja oleh-oleh kalau kurang.

TIPS TRAVELLING WITH TODDLER
  1. Ga usah repot bawa stroller, sewa juga bisa. Tapi kemarin sih saya jalan aja, soalnya males juga mikirin stroller. Kalau pun memilih bawa, ga usah bawa stroller mahal, soalnya semua orang parkir dimana aja, jadi kalau misalnya stroller hilang ya gampang banget.
  2. Antrian kadang cepat kadang lama, kalau anaknya mulai cape, mendingan beliin mainan, jadi setiap dia nunggu bisa sambil main dulu.
  3. Bawa baju princess dari Jakarta, karena disini kalau beli harganya hampir sejutaan.
  4. Foto sama Disney cast itu antrinya lumayan, jadi mendingan pilih aja mana yang paling favorit.
  5. Setiap mau nonton parade, minimal 30 menit sampai 1 jam sebelum dimulai, sudah duduk manis, soalnya nanti ga dapet yang barisan depan.
  6. Cek cuaca, karena di Hong Kong agak ekstrim dari panas, tetiba hujan atau angin kencang. Bawa raincoat kalau pas lihat prakiraan cuaca ternyata hujan.
  7. Kalau mau shalat ga ada tempat khusus jadi kemarin itu melipir aja ke tempat sepi, buka aplikasi dari handphone untuk cari arah kiblat terus shalat.
  8. Ada wifi gratis di beberapa tempat, jadi enak bisa tetep internetan.
  9. Datang dari jam buka, 10.00 AM sampai tutup. Karena ini aja ga bisa selesai dalam sehari kalau mau naik semua atraksi permainan dan melihat semua stage shows. Minimal paling pas 2 hari kalau mau ke Disneyland.
  10. Jam pulang itu ramai sekali, jadi sebenernya kalau beli souvenir pas pulang sih siap-siap aja ya antri pas bayarnya. 
Hmm... Apalagi ya tipsnya, kayaknya sudah semua. Yang penting kalau mau ke Disneyland harus siap sama jam ngantuk anak, huhuhu. Saya aja duduk dulu gendong Lola hampir 40 menit karena dia tertidur di pangkuan. Lumayan sambil ngadem dibawah pohon, upload foto.

Selamat jalan-jalan ya, semoga nanti gilirannya Lana yang kesini, minimal umur 4 tahun lebih enak, jadi bisa naik banyak atraksi dan udah bisa mengingat pengalamannya.

  • Share:

You Might Also Like

19 comments

  1. masya Allah, pastinya bahagia banget ya mba bisa jalan-jalan bareng keluarga dan anak-anak, semoga senantiasa menjadi keluarga yg dberkahi dan bahagia di dunia dan akhirat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin ya Rabbal Alamin... Terima kasih banyaaak.. :)

      Delete
  2. meriah baget.. jadi pengen ajak anak2x kesana... pasti merupakan pengalaman yang tak terlupakan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya yang bikin ga bisa lupa pas lihat fireworksnya bagus sekaliiii :)

      Delete
  3. Nice article,,thanks info dan tips nya mba.
    bakal jalan ama anak cowo nih..semoga atraksi untuk anak cowo nya bnyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mba, sama2..
      Buat anak cowo banyak kok, cuma emang di Fantasyland area yang paling banyak atraksi tapi tampilannya aja girlie, cuma semua mainan bisa dimainin anak cowo :)

      Delete
  4. Tempat sholat ada mb, di Explorer's Club (Mystic Point), tempatnya cukup bersih dan ada tempat whudu di dalam tempat solat. Tepatnya ada di samping toilet resto Explorer's Club, ngga ada papan petunjuknya memang, tapi bisa tanya sama pegawai restonya. Harus bawa peralatan sholat sendiri termasuk sajadah karena memang tidak ada di dalam tempat sholatnya.

    ReplyDelete
  5. baca postingan ini ngobatin kangen sm disneyland hk. mudah-mdhan bisa balik lagi sama anak ku mbak, dulu kesana msh blm punya anak. thanks tips-2nya.

    salam kenal,
    maya rumi

    ReplyDelete
  6. Mba sy juga in shaa allah mw trip t hk juni ini.malah sy udh rencana sewa stroller dr indo wkwkkw.mq tanya kalo fotonya pake kamera apa mba?bagus bgt hasilnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi ini pake Fuji XM 1 waktu itu... Wah selamat jalan-jalan.... Kangen aku kesana...

      Delete
  7. Halo mbak, terima kasih info nya membantu sekali.. mbak kalau boleh tanya, pulang dari disneyland kan sudah malam dan mtr sangat padat, kalau hotel di novotel citygate, gimana ya cara kesana tanpa harus menggunakan mtr? Karena setau saya kan novotel citygate dekat dg disneyland, apakah ada shuttle bus atau gimana? Sy berencana untuk membawa anak ke disneyland tapi karena pupang terlalu padat di mtr sy berencana tinggal di novotel untuk menginap, tapi belum tau transportasi pulangnya bagaimana jika tanpa menggunakan mtr.. thankyou mbak ❤

    ReplyDelete
    Replies
    1. MTR di Citygate masih buka mba pas balik dari Disneyland, malah enak soalnya MTR Stationnya memang besar banget jadi aman kok nginep disana. Kalau naik taksi kejauhan, jadi mendingan MTR.

      Delete
  8. terimakasih mb fifi informasinya. bermanfaat banget. mau tanya. untuk harga merchandise disney di bandara sama d disneyland sama atau lebih mahal?

    ReplyDelete
  9. A mortgage downpayment is the cost you pay upfront when buying a home. canada mortgage calculator The Best Mortgage Calculators may have easy to read, intuitive, and highly useful reports. mortgage calculator

    ReplyDelete
  10. This lets them establish a budget on the purchase. canadian mortgage calculator An SBA 7(a) loan may guarantee up to 85 percent with the loan amount in the event the mortgage is $150,000. canada mortgage calculator

    ReplyDelete
  11. CIBC Home Power Mortgage'This mortgage allows you to use your home equity to loan additional funds. mortgage calculator canada I would like them to are aware that my motivation is larger compared to the size of my paycheque. canada mortgage calculator

    ReplyDelete
  12. If you're buying a new home, it's a wise decision to make use of the calculator to determine what you can afford when you start looking at real estate listings. mortgage payment calculator canada The Ministry of Finance sets rules to shield mortgage lenders and buyers, such as a minimum advance payment amount, a maximum amortization period, and mortgage default insurance rules. mortgage calculator

    ReplyDelete