Part 7: Scienceworks & Planetarium

Thursday, October 20, 2016

"Best Museum For Kids - Scienceworks", 2016
(Lola 5 tahun 1 bulan | Lana 3 tahun 1 bulan)

Membawa anak kecil berlibur buat saya agendanya harus nambah ilmu, bukan sekedar jalan-jalan. Apalagi di negeri orang biasanya banyak hal berbeda dan lebih menarik. Nah Scienceworks & Planetarium ini menurut saya KEREN!

Untuk sampai disini ga susah sih. Cukup naik kereta aja dan turun di Spotswood Station, dan satu-satunya public transport cuma Train. Nah turun dari Station yang jalannya jauh, aduh rasanya pengen nyetop taksi tapi ga bakalan ada, kenapa? Karena ini bukan area perkotaan ramai, ini kanan kirinya adalah pabrik. Pas jalan kaki juga agak takut saking sepinya, dan perjalanan kaki juga ditempuh 15-20 menit (cuma lurus doang sih).

Sampai di lokasi, tiket anak (sampai umur 16 tahun) Gratis! Hore semua museum di Melbourne emang hebat, buat anak pasti ga usah bayar. Tiket dewasanya $14.00 sama dengan Melbourne Museum. Tapi disini ada additional lagi untuk masuk Planetarium dan Lighting Room, masing-masing $6.00 atau jika keduanya maka cukup membayar $10.00.

Disini ada beberapa tema :
  1. Get Into Gear. Semacam playground untuk melatih otak dan koordinasi tangan. Seperti merakit, memasang balok, dll.
  2. Think Ahead. Ini pameran tentang teknologi dari masa lampau hingga akan datang. Rata-rata interaktif semua, bisa dimainin macem-macem dan bikin kita jadi senyum-senyum karena amazed.
  3. Nitty Gritty Super City. Our FAVE! Hmm ini macam Kidzania versi mini. Ada banyak profesi yang bisa dicoba oleh anak-anak disini. Paling lucu pas jadi Weather Reporter.
  4. Sportworks. Isinya tentang olahraga, tapi semua display bisa kita mainin. Yang paling seru sih nyobain Snowboarding.
  5. Pumping Station Tours. Sayang ga sempet masuk karena keburu tutup. Ini tentang kereta api.
  6. Planetarium. Seriously keren tapi di menit ke 5 saya tidur sampai menit 30, hahahahaha. Gimana ga tidur, kursinya kan selonjoran menghadap ke atas layar 16 meter berbentuk Dome, iringan lagunya udah kayak lullaby, terus yang diliat sepanjang film cuma bintang-bintang. Zzzzz... Sayangnya disini ga bisa foto karena ga boleh dinyalain pas mulai.
  7. Lightworks. Sayangnya saya ga bisa masuk karena tiketnya sudah habis.
  8. Dll. Tergantung di bulan itu ada pameran apa saja.
Overall, ini mendidik banget deh museumnya dan lebih menyenangkan dari Melbourne Museum karena emang buat anak kecil. Pas kita dateng aja banyak anak sekolahan lagi study tour. Cuma sayang disini Cafe-nya kurang enak dan menunya ga menarik sama sekali.

Sayangnya pas saya nemu tulisan, I'd prefer to play with friends online rather than in person, semua magnet yang ditempelkan anak-anak disana bilang yes!. Huhu sedih juga bacanya, ngebayangin anak sendiri kalau udah gedean ternyata bisa aja mikir hal yang sama. Disana ada beberapa display yang diberikan magnet untuk kita berpendapat.

Must try, Star Wars Tunnel. Itu ajaib banget pas kita masuk langsung berasa muter dunianya padahal kita cuma berdiri biasa, yang muter tunnel-nya aja. Aneh langsung pusing-pusinh, pas keluar juga masih ga habis pikir kok bisa begitu.

Tips kalau mau kesini, harus lebih pagi, soalnya Spotswood Station itu jauh, dan jam 4 sore sudah tutup. Lebih enak sih naik taksi ya, cuma ya baliknya ga bisa nyetop taksi, harus bikin appointment via telpon.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments