Unhealthy But Happy?

Monday, June 13, 2011

Acara arisan hari Minggu lalu, kami potluck membawa jajanan untuk cemilan sore hari. Melihat menu yang saya foto dibawah, sudah bisa dipastikan tidak ada yang sehat ya, haha. Tapi saya sendiri punya pertimbangan bahwa selama hamil kita juga masih boleh kok mengkonsumsi semua ini selama dalam batas tidak banyak (tapi perasaan sih saya nambah terus makannya, hihi). Ingat yang penting MSG-nya kalau bisa dihindari.

Bakwan Goreng
Siomay
Baso Tahu
Rujak
Tahu Goreng
Bumbu Pedas dan Asam
Jadi makanan apa saja yang sebaiknya DIHINDARI (tidak dikonsumsi) selama hamil:

  1. Makanan mentah, baik ayam, daging, telur setengah matang, mayonaise ataupun sayuran seperti salad/lalapan, karena dapat mengandung Toksoplasmosis, Salmonella & E Coli. Sebaiknya untuk sayuran direbus dulu sebentar.
  2. Ikan tuna, hiu, mackerel, salmon atau ikan-ikan berukuran besar yang diketahui mengandung tingkat mercuri tinggi, maksimal yang dianjurkan sebatas 12 ons perminggu. Seafood hidup di laut dangkal seperti kerang, kepiting, udang kecil & ikan bandeng.
  3. Selain dari keju cheddar, seperti keju lunak dan dari bahan susu kambing/domba, karena mengandung Listeria, bakteri yang mampu menembus plasenta dan menyebabkan infeksi janin, serta dapat menyebabkan keguguran, kelahiran premature, dan keracunan dalam darah.
  4. Minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh, sebaiknya dihindari atau dibatasi karena dapat mempengaruhi berat badan rendah pada bayi, keguguran dan juga kafein mengurangi penyerapan zat besi. Batasi minum kafein 300 mg per hari atau 2 cangkir.
  5. Zat pewarna khususnya yang blue 1, blue 2, green 3, red 3, dan yellow 6 olestrakarena belum di tes secara memadai sehingga khawatir dapat berbahaya buat ibu hamil. Oh ya pemanis buatan/Sakarin pada minuman ringan juga kurang aman untuk kehamilan.
  6. Hati hewan, karena mengandung vitamin A dalam jumlah tinggi. Meski vitamin A baik tapi yang mengonsumsi vitamin A terlalu banyak dikhawatirkan akan meningkatkan angka kejadian cacat pada bayi.
  7. Kacang tanah. Hindari bila punya riwayat alergi.
  8. Makanan olahan dan instan. Selama hamil saya masih makan mie instan, nugget, sosis dan fast food, tapi semuanya dibatasi paling maksimal 2 kali dalam sebulan. Tidak sehat tapi tidak bisa menahannya juga :p
  9. Durian, Nanas, Nangka, Kol? Boleh kalau hanya sebutir tapi karena masam dan mengandung gas tinggi, pada ibu hamil gerakan lambung yang lambat akan membentuk gas, sehingga mengakibatkan perut terasa kembung (dan ya itu rasanya tidak enak sama sekali).
Jadi sebetulnya menu makanan hamil itu, memang ada yang jangan dikonsumsi dan ada juga yang boleh dikonsumsi (dengan berat hati). Dokter saya masih memperbolehkan semua makanan asalkan semuanya matang, dan balik lagi sama kita kalau memang mau ngemil jajanan kurang sehat, harus diimbangi dengan asupan yang sehatnya lebih banyak lagi.

  • Share:

You Might Also Like

6 comments

  1. aduuh itu sambelnya menggoda bgt kaa fifi :9

    ReplyDelete
  2. fotonya bikin ngilerrrr.. *bumil ini jadi makin laper, hehe*

    btw, aku baru tau kalo selain keju chedar harus dihindari.. thanks infonya yaaa.. :)

    ReplyDelete
  3. Nggak fokus di tulisan tapi di fotonya hihihi, ngiler...

    ReplyDelete
  4. Hahaha ini foto makanannya jangan diliat pas lagi laper yak :p

    ReplyDelete
  5. Rujaknya kalo dipandang lebih lama, enzim di mulu bereaksi, basah basah gimana gini jadinya :p

    ReplyDelete
  6. Terimakasih atas informasinya sangat membantu,,,izin share ya ka :)

    ReplyDelete