Tips Bekerja Saat Hamil

Monday, June 13, 2011

Selama hamil, kegiatan memotret tetap saya lakukan meskipun aktifitas lapangan ini sangat menghabiskan tenaga, semua kegiatan fotografi saya dilakukan outdoor dan dibawah teriknya matahari. Sekedar berbagi tips bagi para ibu hamil yang banyak bekerja dilapangan, ini beberapa pengalaman dari saya :

  1. Olahraga 2 hingga 1 hari sebelumnya, dengan demikian fisiknya lebih terlatih. Utamakan banyak jalan untuk melatih otot kaki dan stretching saat sebelum tidur.
  2. Asupan sarapan hindari bahan tepung, seperti roti, pancake, burger dan semacamnya, karena makanan seperti ini sangat memudahkan kita cepat lapar.
  3. Minum air putih yang banyak sebelum dan saat berkegiatan, diselingi minuman ion pun tidak masalah bila kita sudah sangat dehidrasi.
  4. Gunakan alas kaki paling empuk dan berbentuk anatomi telapak kaki, sebab faktor utama lelah berasal dari kaki. Beban perut yang semakin berat cepat membuat kaki bengkak. Hindari alas kaki yang rata.
  5. Bila perut terasa tegang dan mengeras, usahakan untuk duduk dulu sejenak.
  6. Gunakan pakaian yang longgar, agar hasrat ingin buang air kecil dapat diminimalisir, celana yang ketat diperut cukup merepotkan karena jadi ingin beser terus.
  7. Hindari kepala dibawah terik matahari langsung, sediakan payung. Teriknya matahari memudahkan ibu hamil lebih mudah berkunang-kunang.
  8. Selesai berkegiatan sebaiknya rendam kaki dengan air hangat dan minta pijit sama suami hehe, eh ini beneran.
  9. Menghindari badan pegal keesokannya, segera balurkan balsam. Karena bila pegal terjadi maka akan semakin menyulitkan ibu hamil berjalan esok harinya.
  10. Kegiatan lapangan sebaiknya tidak terlalu sering dilakukan saat hamil, minimal 2 minggu sekali
Semoga tips kecil ini dapat membantu, sebab beberapa kali kegiatan memotret sudah banyak mengajarkan saya untuk lebih ekstra mempersiapkan kondisi diri. Oh ya kemarin Sabtu baru saja USG 4D, nanti lengkapnya saya ceritakan di post selanjutnya.

  • Share:

You Might Also Like

2 comments

  1. Vivi olahraganya apa selama hamil ?

    Ditunggu penampakan babynya di uSG..yah

    ReplyDelete
  2. Ini mau posting USGnya, hehe.
    Klo olahraga paling banyak jalan, sama kadang berenang.

    ReplyDelete