Perencanaan Ibu Rumah Tangga

Thursday, March 31, 2011

Sejujurnya, kalau ditanya mau punya anak udah sampai mana persiapan keuangannya, dengan santai saya akan jawab, "Biasa aja". Mungkin saya bukan termasuk yang seserius itu soal menata keuangan keluarga, biasanya dibawa santai selama pengeluaran tidak melebihi dari pendapatan (soalnya banyak ibu-ibu yang ribet bahas soal keuangan calon anak, dll). Cuma mau sekedar memberi sedikit tips bagi mom-to-be yang memutuskan untuk resign dan akhirnya memilih menjadi ibu rumah tangga.

Pertama kali memilih resign berarti kita harus tetep menghasilkan meskipun mungkin tidak tiap bulan, lalu kita bisa apa?

1. Dukungan Keluarga.
Resign itu berat loh, dari yang terbiasa sibuk dan punya uang sendiri, tiba-tiba harus di cut dengan kegiatan seadanya, plus tentunya ga punya uang sendiri yang jumlahnya lebih banyak dari sebelum resign.
Sebelum resign, konsultasikan dulu ke suami. Jangan lupa bikin plan bersama, jadi ibu RT pun harus produktif walau ga punya gaji, dan perputaran uang tidak boleh berubah.
PS: Siap-siap dengan pertanyaan kurang menyenangkan dari keluarga ketika kita resign, dan dianggap menyia-nyiakan ijazah kita (keluarga modern biasanya berfikir kalau wanita berkarier lebih baik).

2. Cari Peluang.
Punya hobi dong, nah coba deh dipikir-pikir lagi, itu hobi kalau jadi duit apa memungkinkan? Biasanya ibu-ibu pada suka masak atau mungkin jago mempengaruhi orang lewat ngobrol, ya apapun itu selama kita tahu apa passion diri sendiri, sudah pasti kok bisa dijadikan lahan uang.

3. Cari Partner.
Oke jadi si peluang ini mau diapain? Ya di bisnisin tentunya. Menurut saya bekerja sendiri itu bisa jadi berat, sebaiknya mencari partner kerjasama, jadi bisa saling back-up dan saling membantu menutupi kekurangan masing-masing.
Selain itu bisa berbagi tugas, jadi ga overlapping sama pekerjaan sendiri. Penting diingat, cari partner yang juga bisa diajak untuk mengeluarkan modal bisnis bersama dan punya satu selera.

4. Blogging/Microblogging.
Percayalah, sosial media itu punya peranan penting dalam usaha yang kita jalankan. Secepat apa dan seefektif apa bisnis nantinya, bisa lebih ditakar melalu sosial media. Blogging adalah cara termudah, karena sarana blogging itu gratis dan tinggal kita isi aja dengan konten yang hendak kita jual. Mau yang lebih simpel lagi bisa melalui microblogging seperti Twitter.
Bagi saya, bisnis diawali dengan modal nol, semua dimulai ketika saya memutuskan untuk membuat blog, sisanya rencana bisnis bisa berjalan mengikuti. Nah kalau bisnis kita nanti udah mulai maju, barulah membuat website.

5. Strategi Berjualan.
Setiap produk yang dijual baik jasa maupun benda, semua harus punya strategi pemasaran. Kita tidak bisa main lempar begitu saja kepada publik sebelum punya prinsip dan sistem berjualan. Kalau kurang mengerti, sebaiknya ditanyakan kepada teman kita yang memang berwirausaha. Semakin besar bisnis kita nantinya, semakin ribet urusannya.
Jadi dari awal sebaiknya sudah punya perencanaan mulai dari promosi, produksi, pemasaran, hingga tahap penghitungan prosentase keuntungan dengan modal. Jualan tidak bisa atas asas asal dapet duit. Bahkan termasuk modal, tidak bisa ingin langsung balik modal dari pertama kali jualan, biasanya ada perhitungan berapa modal maksimal untuk tahun pertama. Baru dipikirkan soal balik modal.

6. Bangun Network.
Saya adalah orang yang sangat malas berkenalan dan berbincang dengan orang baru, tapi itu dulu. Sekarang suka nyesel kenapa suka malu-malu kalau ngobrol sama orang lain. Membangun network paling simpel adalah dengan berteman dengan orang baru, siapa pun itu.
Pelajaran paling berharga bagi saya, ketika kita hadir atau diundang dalam sebuah acara, jangan takut atau segan untuk membicarakan soal bisnis kita, mau dibilang terlalu percaya diri, ya cuek aja, yang penting info yang kita sampaikan setidaknyasudah  menempel sedikit di lawan bicara kita. Sisanya, kalau ternyata tertarik kan bisa berlanjut, kalau tidak tertarik anggaplah sebagai brand awareness.
Tips: Sebut nama usaha Anda berkali-kali, hehe.

7. Paperwork.
Bisnis ga pernah tau bakalan jadi besar atau malah sebaliknya, tapi penting untuk kita ketahui, bahwa berbisnis butuh pengakuan. Sebaiknya dari awal bila modal yang kita keluarkan cukup besar, buatlah janji dengan notaris. Siapkan nama CV atau PT dan uruslah semuanya. Apalagi bila konsep bisnis kita antara pemodal dan pekerja tidak sama. Proses ini sebetulnya cukup repot, tapi selama ada kemauan untuk menjadi besar kenapa harus ragu.

8. Tempat atau Lokasi Bisnis.
Banyak pertimbangannya, dimana selain lokasi strategis, biaya sewa atau konsinyasi sering menjadi hambatan. Bisnis yang dimulai dari skala kecil, lalu harus mencoba peruntungan dengan skala besar itu seperti meloncati jurang tanpa tahu kita akan mendarat dimana. Kalau mau test drive dengan nekat ya bisa saja, tapi kan modal menuju skala besar saja sudah banyak apalagi pake tes segala. Saran saya, banyak bertanya pada mereka yang juga berjualan di tempat yang akan kita tempati.
PS: Mungkin persoalan ini lain halnya bila kita berbisnis online, disini saya hanya menyampaikan bilamana kita mau memperkuat brand kita dengan punya toko sendiri.

9. Rutinitas Baru.
Awalnya ingin jadi ibu rumah tangga, tapi apa jadinya bila ternyata kesibukan bisnis kelak membuat kita seperti bekerja kantoran dulu? Justru itu bagus, kesibukan kita mungkin hampir tidak ada bedanya dengan saat bekerja dulu tapi lihat sisi baiknya di masa depan.
Bila perjalanan bisnis ini sudah mampu berdiri dengan tegap, nantinya kita bisa mulai mempekerjakan orang untuk melanjutkan hal-hal yang kita anggap sudah bisa dikerjakan oleh orang lain.
Pada akhirnya pilihan menjadi ibu rumah tangga untuk berbisnis, adalah menghasilkan uang sendiri tanpa terikat jam kerja kantor. Segala sesuatunya kan tidak ada yang dimulai dengan leha-leha. Hasil kerja keras jadi ibu rumah tangga yang punya usaha, itu lebih menyenangkan daripada bekerja di tempat orang lain sebagai pegawai.

10. Yakin 110%.
Gimana pun ceritanya bisnis kita, kalau pengalaman saya pribadi semuanya harus dilandasi sama keyakinan. Jalan berbisnis itu susaaaaaahhhhh banget, rintangan dimana-mana, tapi saya mikir kalau brand ini kita bawa dengan keyakinan, ujung-ujungnya selalu berbuah percaya diri. Namanya juga bisnis, kebayang kan saingannya banyak banget, belum lagi kalau berhadapan sama yang lebih senior bisnisnya, disitu biasanya nyali jadi menciut, makanya perlu yakin supaya percaya diri kita tetep bisa terjaga.


Nah pilihan jadi ibu rumah tangga ternyata cukup panjang ya, siapa bilang ibu RT bisanya nonton TV doang, kalau kata saya, menjadi ibu rumah tangga itu sebuah kesempatan mengasah bakat kita yang sesungguhnya. Mungkin saya memang suka desain dan sekolah desain, tapi masa iya seumur hidup saya maunya ngedesain buat orang lain aja alias perusahaan orang. Sama dengan bisnis, coba pilih mana; bisa mempekerjakan orang lain atau bekerja untuk orang lain?

Gudluck yah para ibu rumah tangga diluar sana. Mulai dari hal kecil saja, jangan terlalu terburu-buru tergiur dengan kesempatan besar. Begitu pun mempersiapkan soal keuangan anak, jangan takut kebutuhan dia nanti tidak cukup, pelan-pelan aja nabungnya, mungkin ada juga yang pilih investasi Reksadana, well kalau saya lebih suka memanfaatkan bakat yang kita punya untuk jadi bisnis. Prosesnya juga lama, tapi demi masa depan anak, kita berjalan pelan tapi pasti.

"Rejeki masing-masing individu itu sudah diatur, tapi tetep aja usaha kita yang menentukan".

Berani mencoba? Coba deh, ga ada salahnya kok :)

  • Share:

You Might Also Like

23 comments

  1. alhamdulillah..bagus entrinya untuk yg baru berjinak2 dlm dunia bisns kyk saya.. semangat semangat! ;)

    ReplyDelete
  2. Hehe semangattt, jalanin terus yah siapa tau di masa depan sudah bisa lebih besar lagi dan berkembang :)

    ReplyDelete
  3. Kak Fifi,,inspiratif sekali post nya :D
    makasi banyak dah share pengalaman

    Klo nyimak blog2nya k'Fifi sampe akhirnya yg terbaru ini, kk tuh kaya "Kartini Modern"
    haha

    ReplyDelete
  4. Hehe, thank you semoga bermanfaat, baca kartini jadi pengen pake kebaya :D

    ReplyDelete
  5. ka fifi..inspiring sekaliii...berguna banget nih tips2nyaa..
    smoga suatu saat kita bs kerja sama ya kaakk..hehe.. ;)

    ReplyDelete
  6. Ini salah satu resolusi gw taun ini, sdg menimbang2x sblm memutuskan..resign biar fokus punya baby, tp ntr takut mati gaya dirumah gak ngapa2xin..
    Ide sudah menari2 dikepala, namun tak kunjung dieksekusi...hehehe,
    thanks for sharing analisa jadi Working at home mom's ya..

    ReplyDelete
  7. @Talitha, aminnnn neng :)
    @Irma, hehe awalnya pasti bingung dan sangat bosan, tp pas dijalanin ternyata menyenangkan karena bisa melakukan banyak hal yg dulu belum kita lakuin krn sibuk kerja.

    ReplyDelete
  8. keren deh fi,inspiratif!<<telat baca..hehe

    ReplyDelete
  9. Bagus euy tulisannya....sangat menginspirasi. Kalau perlu tentang perencanaan keuangan untuk emkulai bisnis juga dong. Tampilan blognya manis banget ya...sangat pas dengan tema blognya.

    Saya taruh linknya di Blog saya ya....

    ReplyDelete
  10. insipiratif n kreativ...
    smakin menguatkan aq untuk resign...
    salam kenal kak...

    ReplyDelete
  11. Baca blog nya fifi jd semakin mendorong resign dan mengabdikan hidup untuk suami dan anak tp itu dia bagaimana caranya agar bisa jd IRT yang produktif, modal minim tp blm tau dan blm ada yg bs diajak kerjasama. :)

    ReplyDelete
  12. @Denissite
    Jadi ibu RT itu sulit banget sebenernya kalau bagi waktu sama kerja sampingan, tapi balik lagi mana yg diutamain, kalau anak prioritas cari kerjaan yg ga harus dikerjain tiap hari. Klo modal ga harus besar, percaya atau engga dulu Casa Elana modal awalnya ga sampai sejuta :)
    Intinya sih dijalanin dulu, kalau urusab=n menghasilkan uang itu dipikirin belakangan, namanya usaha harus mulai dari nol :) Gudluck..

    ReplyDelete
  13. saya kagum dgn mba fifi... saya pingin ada kesibukan yg menghasilkan tp sy ngga tau caranya dan usaha apa yg cocok buat sy,tlg bantu sy

    ReplyDelete
  14. @Anita Terima kasiih.. yg pasti usaha yang akan dijalani harus dilandasi sesuatu yg kita suka, yaitu contohnya hobi. Dari situ bisa diteruisin dan dibuat menghasilkan :) Jangan bikin sesuatu yang belum pernah kita coba dan ga ngerti dunianya.

    ReplyDelete
  15. inspired banget mba...terimakasih ilmunya, semoga saya bisa mengikuti jejak mba fi..:)

    Good luck terus buat mba fi dan suami...aamiin

    ReplyDelete
  16. iseng-iseng liat index dan menemukan posting ini, terimakasih ka fifi udah menginspirasi, saya juga baru menikah dan ingin menjadi ibu rumah tangga yang punya bisnis sendiri. Tulisan ka fifi semakin membangun kepercayaan diri saya kalau saya juga bisa. :)

    ReplyDelete
  17. Amiiinn smoga terwujud yah mimpinya... Semangat, dimana ada kemauan pasti ada jalan :)

    ReplyDelete
  18. So inspiring..
    Jadi tambah pengen resign apalagi kalo liat anak lagi lucu-lucunya
    Masa yang ga bisa terulang
    TFS mbak Fifi...

    ReplyDelete
  19. Iseng googling dan akhirnya nemu artikelnya mba fifi dan kebetulan pas banget sama sikon yg lagi saya hadepin,makasih sharing dan tips2nya mba,dari awalnya saya takut banget mulai karena udah mikir macem2 pasti gagal dan bingung mulai dari mana,bismillah keluar dari comfort zone ☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bermanfaat ya..

      Aku dari Ibu RT balik kerja lagi 2 tahun lebih dan sekarang kembali Ibu RT, rasanya emang jauuuuhh lebih menyenangkan begini :)

      Delete
  20. kalo ditanya hoby nya apa, saya bingung jawabnya, makanya pengen resign (pake banget) tapi kalo di tantang abis resign selain ngurusin anak mau ngapain, saya gak bisa jawab. dan akhirnya maju mundur, udah dari 5 tahun yang lalu begitu terus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi nanti pas resign ada aja kok kesibukannya. Percaya deh, dulu juga aku ga yakin taunya malah lebih sibuk abis resign daripada pas kerja kantoran...

      Delete