Trimester Pertama (1-3 bulan)

Tuesday, February 22, 2011

Kandungan saya sekarang di usia 13 minggu. Ingin bercerita mengenai pengalaman hamil sejak pertama kali tahu test pack itu dapat bergaris merah dua, secara sudah beberapa kali melakukan percobaan test pack namun hasilnya tetap saja satu (kehamilan pertama diketahui sedang hamil setelah mengalami keguguran).

Saya ingat saat itu telat haid sekitar 2 hari. Rasanya tidak karuan sekali, karena jadwal haid saya tidak pernah telat. Lalu saya menunggu dan berpikir, "Aduh beli test pack ga ya?". Akhirnya setelah telat 4 hari haid, saya langsung mencoba test pack.

Ketika melihat hasilnya, ternyata sudah muncul dua garis, namun garis yang satu lagi tipiiiissss sekali, "Rusak tidak ya test pack ini??", dengan rasa penasaran tinggi, keesokan harunya saya langsung membeli 2 test pack lagi. Berhubung hasilnya tidak berbeda jauh, akhirnya memutuskan untuk mendatangi obgyn, sayangnya hari Sabtu kala itu sedang hari libur nasional dan Minggu tidak ada obgyn yang buka. Perasaan menggantung itu tidak enak sekali dan saya pun menjadi tidak tenang.

Oke, pada hari Senin saya akhirnya berkesempatan ke obgyn. Sesampainya disana dokter hanya berkata,

"Mana nih, tidak ada kantong rahimnya". Glupp!!!. Saya pun menelan ludah sebanyak-banyaknya.

"Jadi saya hamil apa tidak nih dok?". Hati semakin tidak tenang.

"Mungkin masih penebalan rahim, kita cek saja 2 minggu lagi, karena takut hamil diluar kandungan". Duh membuat saya khawatir, ucapan dokter ini.

Akhirnya hanya diberikan Duphaston (obat penguat kandungan), Folat, dan Vitamin ditambah obat batuk, karena saya sedang batuk parah saat itu.

Menunggu seminggu kemudian, lalu terjadilah flek, kecil memang tapi membuat panik. Akhirnya saya mencoba mendatangi obgyn lain dengan RS berbeda. Sampai disana dokternya lebih menegangkan dari yang sebelumnya,

"Iya saya belum lihat ada kantung rahimnya, dan disini kok banyak cairan", sambil memeriksa dengan USG transvaginal.

"Begini, di test lab saja, mengecek kekentalan darah, bla bla bla.. (panjang penjelasannya)", ujar sang dokter sembari menerangkan mengapa kantungnya belum tampak.

Pada akhirnya hasil tes saya semua normal dan baik-baik saja.

--------

Berhubung kurang puas dengan kedua obgyn sebelumnya (sekedar info, saya sudah 4 kali mengganti obgyn), akhirnya saya pindah RS dan mencari obgyn baru. Bertemulah saya dengan dr. Diah Sartika Sari, SPOG di Kemang Medical Care. Pertama datang saya tidak ingat di kehamilan berapa minggu, kalau tidak salah 8 atau 9 minggu. First impression terhadap rumah sakitnya, bagus interiornya, hehe. Intinya saya suka sekali dengan keseluruhan atmosfer rumah sakit ini, nyaman sekali.

Ketika memasuki ruangan, saya diperiksa dua kali, menggunakan USG yang di perut dan hasilnya tidak terlihat apa-apa, dan lagi-lagi saya mulai tidak tenang, kemudian akhirnya dokter mencoba USG Transvaginal, dan wow kantung rahimnya muncul meskipun belum terlihat ada janin, Alhamdulillah.

Sejauh ini konsultasi dengan dr. Diah itu enaaaakkk, selain dapat berbincang lama, beliau juga komunikatif sekali, saya sampai merasa kehabisan pertanyaan, dan dia tetap  menjelaskan apa yang saya tidak tahu dan tentunya memberikan tips-tips yang bagus, senangnya lagi di RS KMC tidak akan sembarang memberikan obat-obatan (ada audit resep). Bu dokter mengatakan, 4 minggu lagi kembali kontrol.

--------

Kunjungan kedua saya dengan dr. Diah, adalah momen paling mengharukan. Saat sedang USG, saya melihat gerak-gerik mahluk mungil, calon tangannya seperti melambai-lambai kepada saya dan suami. Menangis terharu kami berdua, saya pun tidak pernah menyangka akan seperti itu yang akan dilihat. Lalu dokter memperdengarkan jantungnya, dan lagi-lagi saya sampai kehilangan kata-kata. Detaknya cepat sekali, bunyinya kencang, diselingi calon tangannya yang terus bergerak.

Proses mual, muntah, tidak enak badan, meriang, kembung, lemas dan segala yang berat saat kehamilan seperti terlupakan rasanya, terbayar oleh pemandangan itu. Dr. Diah juga sangat baik, hasil foto USG tidak dikenakan biaya.

Sekarang saya menanti kunjungan ketiga untuk kontrol. Sangat antusias tapi perjalanan semakin berat. Saya harus akui muntah-muntah saat hamil cukup membuat depresi. Untung saja saya selalu lapar, jadi asupan makanannya tetap banyak. Belum lagi mual yang datang dengan mudah, suami baru pulang dari kantor saja saya mual, dia sedang tidur pun saya mual, bahkan saya tidur menghadap kekanan saja harus mengalami mual. Sungguh saya tidak mengerti proses ini tapi dokter mengatakan mual itu pertanda janin sehat.

Baiklah, sekian proses trimester pertama saya. Berikut adalah beberapa perubahan yang terjadi pada saya selama trimester 1 :

1. Drama kulit.
Kulit saya sangat berminyak, namun semenjak hamil berubah menjadi sangat kering bahkan hingga mengelupas setiap hari, tidak sampai disitu, kulit pun menjadi berjerawat kecil-kecil tapi seluruh wajah. Solusi : Mengganti sabun muka dengan Sebamed. Hasil lumayan memuaskan, kulit jadi sehat.

2. Lapar tapi perut harus kompromi.
Pada bulan ke 2, saya tidak sanggup makan terlalu banyak secara sekaligus, karena efeknya akan kembung yang menyakitkan. Solusi : Makan dengan porsi kecil setiap 4 jam dan tidak minum air saat sedang makan, minumnya sebelum atau sesudah.
Pada bulan ke 3, porsi makan saya seperti monster, dapat melahap semua namun perut masih kelaparan. Solusi : Menyediakan segala jenis cemilan. Dari mulai kue sampai apa pun yang bisa dimakan harus ada disamping tempat tidur. Khususnya tengah malam pasti terbangun karena lapar.

3. Mual.
Ini hal biasa, tapi paling sulit bagi saya. Solusi : Menghindari keramaian, tidak menggunakan parfum atau apa pun yang terlalu wangi, tidak boleh dalam kondisi lapar karena memicu mual.

4. Muntah.
Biasa terjadi apabila makanan terlalu berbumbu. Sebaiknya muntah jangan ditahan karena semakin lama rasanya semakin kuat. Biasanya kalau sudah ada perasaan ingin muntah saya hanya memuntahkan saat mau mandi, karena biar sekalian mandi. Solusi : Jangan makan terlalu kenyang, itu selalu memicu keinginan muntah.

5. Sulit tidur.
Hahaha kalau ini saya tidak tahu apa solusinya. Sampai sekarang sulit tidur itu pun masih terjadi. Jam tidur mulai 1 pagi, subuh bangun dan kembali tidur sampai jam 10 pagi. Keliatannya saja lama, tapi tidur tidak pernah nyenyak karena selalu terbangun, dan mengalami mimpi-mimpi aneh. Hal ini semuanya wajar saat hamil.

6. Celana tidak ada yang muat.
Solusi : Mencoba Belly Belt dari Mothercare. Ini rekomendasi teman saya, tapi berhubung masih bisa dipaksakan baju lamanya, jadi saya belum membeli dan kebetulan saya jarang keluar rumah juga.

7. Mood naik turun semacam rollercoaster ride.
Percayalah hormon hamil itu membuat saya lebih mudah emosi, saya lupa hormon apa yang berperan tapi jangan heran melihat ibu hamil sering kesal dan marah, karena itu hal yang sangat biasa. Solusi : Jaga perasaan ibu hamil baik-baik, hehehe.

Sekian pengalaman hamil muda saya, memang tidaklah mudah menjalaninya, tapi itu dia perjuangan menjadi ibu, seperti kata pepatah antara hidup dan mati rasanya. Gudluck untuk semua para ibu muda yang menjalani trimester pertamanya.



Right now my fetus is at 13 weeks. I'd love to share about my pregancy story from the first time I saw a second line does actually exist on my test pack, because I've done million times but in the end, the result only showed one lonely line (the first time I knew I was pregnant when I had a miscarriage, not from the test pack).

I remembered that time, my menstruation was late for around 2 days. I never miss my schedule before. And then I waited and thinked, "Should I buy a test pack?". Well it was 4 days late, so I immediately tried the test pack.

When I saw the result, it turned out to be 2 lines, but the other line was so thin, "I think the test pack is broken". With high curiosity, the next day I bought 2 other test packs but the result was the same, 1 thin line and 1 thick line. So I decided to go to the obgyn, but too bad that Saturday was a public holiday and on Sunday, there's no obgyn appointment available. I felt so unsure and it was hard to be calm in this situation.

Ok, on Monday I finally got a chance to meet the obgyn. The doctor said,
"Where's the fetus?". Glupp!!. I'm speechless.

"So am I pregnant, Doc?"

"Maybe there's still a thickening of the lining of the uterus, we'll check it again in the next 2 weeks, because I'm not sure right now", said the doctor, that really worried me.

Finally she gave me Duphaston, Folat and Vitamin plus cough syrup, because I had a bad cough at that time.

After waiting for a week, suddenly I found a spot, a very little spot but really makes me panic. Soon after that, I went to the another obgyn in a different hopital, just to make sure everything was ok. But the result was disappointed and the obgyn statement was scarier than the last obgyn.

"Yes, I haven't seen any fetus mam, and there's a lot of liquid inside", as the obgyn checked my uterus with Trasvaginal Ultrasound.

"Well, just to make sure, you need to do a lab check", said the doctor.

The lab result, turned to be fine and everything went well.

--------

Because I'm not happy with the previous obgyn (I've changed obgyn for 4 times), finally I tried another hospital and seek for a new obgyn. So I met with dr. Dian Sartika Sari, SPOG at Kemang Medical Care. I don't really remembered exactly my pregnancy weeks when I went there, I think around 8 or 9 weeks. The first impression about the hospital is the nice interior, and I just love all of the atmosphere in here, so comfy.

I was being checked two times, using the transvaginal ultrasound and the one that on my stomach. At first, the doctor cannot find the fetus, that's why she had to check it from 'down' there, and wow we heard our baby heartbeat, even though the doctor still cannot see the baby.

So far, consulting my pregnancy with Mrs. Diah is the best, not only that I can talk for a long session, she was also a communicative person. I almost had nothing else to asked, but she always explained what's the do's and dont's during pregnancy.

--------

The second visit to Mrs. Diah, was an unforgetable moment. During the ultrasound check, I saw this tiny baby. Her hands was waving on us. Me and husband cried and speechless. We really never thought that's our baby on the screen. The doctor also checked our baby's heartbeat and measured the size, also gave us a birth due date.

All the hard process during pregnancy was paid off with that baby view. The doctor also didn't charged us for the ultrasound photo.

Now I'm waiting for the third visit. Super excited but I think this pregnancy journery is getting harder than I thought it will be. I have to admit, I'm a little bit depressed. But I believe, that's my destiny as a pregnant mom. So enjoy the pregnancy.

  • Share:

You Might Also Like

83 comments

  1. wah pengalaman mba sama banget yg aqu rasain saat ini, seminggu yg lalu aqu juga seperti itu ceritanya dan obatnya pun sama, tp stlh 2 hr minum duphaston dadaqu berdebar2,dokterqu minta dosisnya dikurangi, tp gk aqu terusin minumnya, takut berdebar2 lg dadanya.makasih ya mba infonya, jd gk ngerasa sendiri soalnya sempet was2 bgt.

    ReplyDelete
  2. Halo Dewi
    Hihi aku merasakan persiiiissss apa yang dirimu rasakan, intinya selama 5- 8 minggu janin belum terlihat bagi sebagian orang, jadi mau ga mau memang harus ditunggu. Selama itu yang aku lakuin cuma istirahat dan tidur hehe. Ditunggu saja ya, semoga nanti terlihat pas USG.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya mau ikut cerita yg saya alamin masih was" soalnya katanya harus usg dulu biasanya klo usia 8 minggu di tespek harusnya terang ini samar di sarankn untuk usg ada yg nglmin kek saya gk y soalnya ini hmil yg pertama

      Delete
  3. mba fifi, salam kenal :D
    blognya bagus, foto2nya bagus, ah semuanya bagus... sy suka dari yang mulai hijab scarf eh ternyata ada blog ini skrg, tapi biasanya silent reader hihi. Gatel pengen komen soalnya pas liat ternyata obgyn-nya sama. Ah TOP bgt deh dokter diah, mau di konsultasiin via bbm. Gak salah pilih dokter deh mba :D
    semoga sehat2 ibu dan baby inside :)

    ReplyDelete
  4. Halo Ayu
    Hehe trima kasih sudah main2 kesini, iyah dr. Diah itu obgyn paling enak setelah gonta-ganti, dan the best-nya lg dia malah nawarin, mau tukeran pin BB ga? huehehe ga nyangka. Aminnnn semoga dilancarkan terus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalammualaikum Mba fifi mohon maaf sebelumnya apakah saya boleh minta alamat rumah sakit dokter diah
      Soalnya ada kelainan sama kehamilan saya sebelumnya saya ucapkan terimakasih

      Delete
  5. Mba Fifi... long time not checking, ternyata ada blog baru...mba, i dont know if you still remember me, aku pernah minta di editin foto prewed ku dulu :)
    Sekarang aku jg hamil tapi masih 2 months... senangnya denger mba fifi jg hamil..sehat terus ya mba sampe due date!

    ReplyDelete
  6. Halooo Bonnie, masih inget tentunya, melihat header blogmu, langsung tau foto prewed yang mana hehe. Wah selamat juga ya, semoga sehat selalu :)

    ReplyDelete
  7. LOL...jadi maluuu, aku link ya mba' blog mu :)

    ReplyDelete
  8. halo mb fifi,, aku suka bgt baca blognya mb fifi.. informatif sekali.. alhamdulillah aku jg lg hamil muda mb, hamil 5 minggu jalan 6 minggu.. aku skrg ga berani lg pake krim muka dan facial wash tempat aku dulu perawatan sebelum hamil.. dan skrg kulit mukaku jg kering bgt mb.. aku mau nanya, mb fifi pake sabun muka sebamed yg jenis apa? trs utk moisturizernya mb fifi pake apa selama kehamilan selama ini yg aman pastinya? aku pengen coba juga mb, siapa tau cocok..

    semoga kehamilan mb fifi lancar ya sampe lahiran.. aamiin.. smangat mb :)

    ReplyDelete
  9. Sebenernya kering itu cuma saat semester pertama aja (klo aku ya), nah berhubung semua sabun muka ga cocok pas hamil, trs aku pake sebamed sabun batang yang hijau Rp. 50.000. Hasilnya memuaskan banget. Nah klo krim aku ga pakein apa-apa, soalnya semenjak pake sebamed itu ga kering lagi.

    Silahkan loh dicoba :)

    ReplyDelete
  10. Hai mbak,
    saya mau bertanya
    berapa biaya periksa di KMC?
    Plus USG biasa (2D)
    kebetulan saya mencari Dokter wanita juga
    Thanks for the info :D

    ReplyDelete
  11. Dari pertama hamil, kalau kontrol ke KMC abisnya Rp 315.000 tp sekarang udah naik jadi Rp 324.000 itu untuk kontrol dokter sama USG, kalau obat biasanya beli di apotik deket rumah aja. Tp obatnya juga murah cuma folat dan calcium ga pernah sampe 50 ribu.

    ReplyDelete
  12. aslm mba fifi...
    whuaaa pengalaman hamil mudanya sama,, ak skrg lg hamil trisemester pertama,, awal2 periksa ke dokter obgyn juga katanya suspect KET (hamil diluar kandungan) karena pas USG transvaginal, byk cairan dan belum terlihat kantung hamilnya :(, alhamdulillah keliatannya pas umur 5 minggu,, hehehe mba mauu tips nya spy fikiran qt tetep positif, krn jujur aja, saya agak2 depresi skrg, krn byk diem dirumah dan mual&muntahnya agak2 parah,,, makasih,,,

    ReplyDelete
  13. Waalaikumsalam, wah sama kayak aku tuh pertama hamil stress karena muntah mual dan serba ga enak mau ngapain aja. Tapi ya dijalanin aja, mikirnya semua hal ga enak itu kan akhirnya akan membuahkan hasil yang membahagiakan. Tetep semangat, cari kesibukan aja, jadi ga terlalu kerasa kok mual muntahnya.

    ReplyDelete
  14. Akhirnya dapet kawan yg senasib, sekarang kehamilan ke-7, hidup 2, abortus spontan 2, kuretase 2, hhmmmm, gmn ngg deg2an, sampai telat 2 minggu, si dokter ngubek2 miss V sampai 15 mnt, msh ngg dpt2 tu kantong. semoga happy ending ky mb fifi.i wish...thanks a lot :)

    ReplyDelete
  15. mbak pake sebamed yang apa? balas yah ^^

    ReplyDelete
  16. @Nila wooww cerita kehamilanmu membuat aku terharu... Semangat yaa, dan sehat selalu di kehamilannya :)

    @As Sebamed yg depannya warna hijau pink, lupa type apa, pokoknya bukan yg utk acne atau baby, sebamed yg biasa.

    ReplyDelete
  17. dear mba fifi,

    blog nya bagus bgt mba. aku bener2 terharu bacanya karena saat ini aku sedang mengalami hal yg sama seperti mba di trisemester pertama, sudah cek ke dokter & transvaginal tapi belum terlihat apa2. drop banget mba & akhirnya disuruh dok utk cek lab ambil darah. hari ini aku mau kontrol lagi ke dok nya & semoga aja kantung rahim sdh bisa terlihat. aku jadi semangat sehabis membaca blog mba fifi ini. mud2an Allah SWT memberikan hasil yang terbaik utk aku & suamiku karena jujur aja mba aku sempet drop pada saat transvaginal & dokternya bilang belum terlihat apa2.

    ReplyDelete
  18. Waa maaf br dibalas, gmna uda ada kabar baiknya kah? Didoain yg terbaik yah.. Rejeki anak itu memang sesuatu yg ga akan pernah ketebak jd cuma bisa Bismillah :)

    ReplyDelete
  19. Hy mb fifi dan calon bunda lainy.
    Aku jg lg H2C nih,bulan ini aku udah telat 5hari.td pgi iseng tes pke TP tapi hasilny negatife :(,sebenerny usia pernikan ku baru jalan 3bln.tp udah ngebet bgt rasany mau punya baby*hehe
    Yg aku rasain skrg itu cepet bgt cape,mood naik turun,jd males bgt bwat ngapa2in,perut bagian bwah suka nyeri(kram),klo dliat dr tanda2ny aku hamil ap gk si?blom ngertii :(

    ReplyDelete
  20. Waaaa baru juga 3 bulan, dibawa santai aja meskipun pasti pengennya hamil. Tp ga langsung hamil udah nikah itu jauh lebih enak kalau kata aku, karena begitu punya anak cape banget.

    ReplyDelete
  21. Hello Mba fifi..
    Waktu mba ada flek coklat itu jumlahnya sedikit atau seperti keputihan banyak ya? Soalnya saya sudah telat 2 minggu, test pack positif, walau garis yang satunya lebih samar. Tapi 2 hari belakangan ini saya ada keputihan coklat yang jumlahnya cukup banyak.. Jadi deg2an, dan lagi saya belum bisa periksa ke dokter karena weekend disini libur.

    ReplyDelete
  22. Assalamualaikum Mba Fifi,

    Salam kenal yah. Saya juga tadi malam periksa di Dr. Diah KMC, perhitungan udh 8 minggu 3 hari tp beby nya blm ada detak, dr diah blg 2 minggu lagi. Pertama cek perut trs transvaginal krn cm ada kantong rahimnya yg besar,dan janinnya ktnya ukurannya 6 minggu. Jd deg2an..mudah2an bs berkembang yah. Tipsnya apa mba fifi slama menunggu control brikutnya? aku msh krj ga istirahat total ky mba. Makasih yah.

    ReplyDelete
  23. @Anonymous
    Waktu itu ga ada keputihan, justru keputihan itu menjelang melahirkan. Klo flek sedikit banget cuma diameter 1 cm. Smoga kabar baik ya...

    ReplyDelete
  24. @Denissite
    Waaa kangen sama dokter Diah deh...
    Sama kokkk aku juga waktu itu gitu, yang penting dibawa santai, kalau stress takut keguguran :) Caio semangattt..

    ReplyDelete
  25. halo mbak...itu foto anaknya ya. Cantik sekali. Ketemu blog ini bikin semangat. saya lagi mencoba punya anak kedua. Jadi inget kehamilan pertama positif tapi satu garis terang satu samar. Pas kontrol ke dokter, dari perawat sd dokternya bilang itu ga hamil. Shock, lemes, & ga terima ama pernyataan tsb. Untung ganti dokter, alhamdulillah sekarang putra pertama udah 14 bln.

    usaha mau kasih adik, kehamilan kedua ternyata BO di usia kehamilan 9 weeks & harus kuret. Sedihh banget. Pulihin mental ada 1 blnn, lalu awal bulan kemaren iseng tes pas telat 5 hari positif tapi garis satunya samar. Sayang hari ke-6 telat keguguran spontan. Mau usaha lagi jadi agak2 ngedrop, takut keulang gagal lagi. Tapi baca blog Mbak Fifi jujur bikin semangat. tetep nulis hal2 positif seperti ini ya mbak..bermanfaat banget buat kita2 yang usaha punya anak

    ReplyDelete
  26. Hehe trima kasiiih ya ....
    Iya semoga blog ini bisa memberi semangat dan manfaat untuk yg baca :)
    Ayooo jangan takut coba lagi, kesempatannya kan masih banyak, cuma tinggal nunggu waktunya aja dari Yang Di Atas :)

    ReplyDelete
  27. Iya MbaFifi, rencananya tgl 30 saya menemui dokter Diah lg, apa mba Fifi mau titip salam? Mohon doa yah mba, apapun itu aku udh pasrah hanya bs doa dan usaha.

    ReplyDelete
  28. Waaaa telat bales pdhl mau bilang titip salam, kangeeen sama dr. diah :) Smoga yang terbaik ya..

    ReplyDelete
  29. mba fifi...thx ya blognya....jadi semangat....sekarang saya jadi lebih ringan ngejalanin hari dimana celaana saya udah pada nggak muat n ketergantungan imvomit...obat anti mual, karna kalo kerja biar mual n muntahnya nggak heboh.... hehehe

    ReplyDelete
  30. Sama2 :) Tetep semangaaatt, aku juga dulu mualnya heboh bangettt.

    ReplyDelete
  31. cobain sebamed ahhh.. makasih infonya yaa.. :)

    ReplyDelete
  32. USG tansVagina diapain aja mbak fifi?
    aku telat mens 8 hari n udah test pack hasilnya positif,mau ke obgyn tapi serem klo trans v nya sakit
    bales ya
    thanx

    ReplyDelete
  33. ini sama banget.. baru aja tadi abs ke obgyn pas USG dr perut kata dokternya ada sptnya kantongnya tp masih keciiiilll bgt jd blm bs diukur.. akhirnya karna penasara eike minta trans v (karna katanya kalo transv lbh jelas) eh trnyata malah ga keliatan karna kantongnya jalan2... sama dokter ga dikasih apa2, tp disuruh balik lagi minggu dpn... deg deg an...

    bismillahirrohmanirrohimm...

    doain yaa mudah2an mg dpn ud kelihatan..

    oia ak br telat 6 hari sii dari siklusku yg 25 hari..

    jadi kalo dr sklus umum 30 hari br telat 1 hari kata dokternya si smuanya wajar...

    ReplyDelete
  34. Amiiiiinn, ditunggu kabar bahagianya..

    ReplyDelete
  35. Sore mba fifi,denger ceritanya sama banget yang aq alamin skr ini. Aq udah telat 2 minggu di test pack sampe 2 kali dan hasilnya positif waktu hari jumat dan baru ketemu dokter hari senin setelah di usg ternyata kantung rahim sudah terlihat dan besar kata dokter tetapi janin blm terlihat sempet drop bgt,dan malah skr timbul flek dah harus bedrest :-( minta sarannya dong mba fifi

    ReplyDelete
  36. Mbak fifi salam kenal yaa.. lagi ngalamin deg"an kyk mbak dulu juga, udah telat 13hari, TP 2x Alhamdulillah + semua, tapi pas di USG TransV blm kliatan kantong rahimnya, br terjadi penebalan saja dan sdh tebal banget. disaranin tes lab, tp masih deg"an khawatir gak sesuai harapan.. :(

    ReplyDelete
  37. ass mbak... aq baru telat 6 hari dan waktu telat 4 hari aq test pack, ada 2 garis yg satu samar yg satu terang...
    rasa deg2an krn 8 bulan menikah baru kali ini aq nyoba tes pack dan dapet 2 garis...
    masih galau ne mbak,,, krn mau ke dokter kt saudara aq nanti aja nunggu 1 bulan lagi... mana muka ku sekarang banyak jerawat batu...
    kira2 boleh gak ya mbak aq ke dokter muka utk ngobatin jerawat ini..

    ReplyDelete
  38. Setahu aku jerawat itu obatnya ga boleh dipakai pas hamil, jadi lebih baik terapi pake yang alami. Karena bahan obat jerawat bahaya bagi janin.

    ReplyDelete
  39. mbk saya hamil 9 minggu tp blm kelihatan janinnya,dan seminggu ini aku ngeflek trz akhrnya aku bed rest total, aku jd khwtr knp janin ku blm terlihat padahal usia kandungan ku sdh 9 minggu

    ReplyDelete
  40. hae mba :)
    browsing2 malah kesini :) salam kenal ya
    ini aku juga udah 4w..anak ke-2 sih tapi belum keliatan pas usg semoga dua minggu lagi keliatan..doain ya

    ReplyDelete
  41. Hai mbk,salam kenal..
    Seminggu lalu aq tp dan alhmdlh positif..seneng bngt,tp pas konsul k dokter katany di rahim
    Blm terlihat..dan d khawatirkn terjd hamil d luar kandungn..karna ada cairany..hancur rasany..
    Tp 2 minggu lh d suruh kontrol lg..deg2an bngettt..minta solusiny dong mbk..apa yg hrus aq lalukn skrg?sedngkn perut ni rasany nyeri d bag.kanan..

    ReplyDelete
  42. Amiinn, tetep semangat, kalau rejeki anak pasti ada jalannya, kita tinggal pasrah dan banyak berdoa :)

    ReplyDelete
  43. Hai mbk slm kenal..
    Aku skr hamil usia 7bln..dr awal kehamilan sampe terakhir bln ke6 kmren aku pake dr.diah di KMC.mmg dr.diah enak bgt..aku pernah cb dokter laen tp ga dpt feel lyk dokter diah..ramah..n keibuan..tp sayang ini aku pndh rmh dibogor n akhirnya cari doktwr laen..skr aku periksa di RS hermina pake dr.roslina..moga cpt dpt feel nya deh ma dokter roslina..kalo ada yg pake dr.roslina di RS hermina di share ya pengalamannya..thx :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi kangen deh sama dr Diah. Tapi sekarang sama dr Wulan di Hermina juga mirip sama dia, jadi seneng nemuin yang sama :)

      Delete
  44. Assalamu Alaikum mba Fifi,,
    Malam2 googling cari tahu ttg hamil pertama ketemu blognya ..Sesuatu bgt Alhamdulillah :)

    Ak hamil msh baru niy br cek pake TP malah,,Alhamdulillah +
    Ak blm cek ke dokter insyaAllah mggu dpn biar bareng suami.
    Nah ak msh cari2 dokter wanita..sepertinya dr. Diah recomended bgt ya mba,,sbnrnya lumayan jauh dr t4 tinggalku di kramat jati,,
    Mba ada masukan dr wanita lain ga?
    btw yg mba maksud dr Wulan di Hermina di cabang mana mba?

    Terima kasih jika sempat di balas.
    Wassalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam...
      Aku kemarin anak kedua dengan dr. Wulandari di Hermina Galaxy, dia juga praktek di RS Awal Bros Bekasi.
      So far okenya sama dengan Dr. Diah :)
      Semoga cocok ya..

      Delete
    2. Boleh biasanya kita mengeluarkan biaya apa & berapa yang harus di siapkan?
      Makasih sblmnya..

      Delete
    3. Boleh tau biaya yang di keluarkan sekali konsul dan cek di Hermina?
      Makasih sebelumnya..

      Delete
    4. Murah kok sekitar 150 ribuan sekali datang, dulu di KMC bisa 400 ribuan.

      Delete
  45. Mba fifi, aku mau nanya kmrn kejadian fleknya berapa lama?

    ReplyDelete

  46. apa solusinya?INI SAMA SPRTI YG DIALAMI ISTRIKU SAAT INI.TOLONG DIBANTU


    tgl 3 september ditespeck,ternyata hamil,terus periksa kedokter,di usg benar,adakantongnya dan ada isinya,seneng banget...cek satu bln lg kata pak dokter...
    selasa 1 oktober km periksa lg,di usg kok janin tdk berkembang...tp masih ada..
    dan kemarin kamis 3 oktober,karena ingin buat perbandingan,kami cek ke dokter lain,hasilnya ditespek masih positip tp di usg kosong atau tdk ada,hy kantongya saja,sementara istriku tdk merasakan apa2,flek pun tdk,dokter hy bilang ditunggu saja,,,adakah saudara2 yg mungkin ada solusi buat km?terimakasih



    ReplyDelete
  47. Hai bunda, cx kemari dari blogger Malaysia. :) asik ssekali cx bacain kisah bunda. Tahniah ya bunda. Pastinya baby bunda udah 2thn lbh umurnya kini kan :) cx happy banget bila bacain kisah bunda.cx harapnya pun sprti bnda agr cpt cx dapat baby tp itulah, blm rezeki cx lg. Bunda doain cx ya. Even baru 3bln nikah tp cx penasaran bangat mau ada baby. Doain cx ya bunda :) mekasih buat sharingnya disini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Your most welcome, tetep semangat ya... Aku doakan yang terbaik :)

      Delete
  48. slam kenl mba... mau nanya kemarin dosis di beri sma dokter untuk obat dhuposton berpa mba.... mksh

    ReplyDelete
  49. artikelny bermanfaat bgt ni :)
    btw mau tanya ni klo ikut snam hmil pda usia kndungan 4 blan bleh ga yah ?? n apkh ada bju snam khusuny sperti baju senam aerobic ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bajunya senyaman mungkin tapi tidak butuh baju khusus. Senam hamil sebaiknya saat sudah hamil agak besar saja :)

      Delete
  50. Hi bunda2 beberapa hari yg lalu saya melakukan tp, hasilnya 2 garis tapi garis yg satunya tidak begitu jelas, atau disebut pudar.. Sebenarnya saya belum terlambat datang bulan, karena sy datang bulan biasanya setiap tanggal 9, dan apakah saya dikatakan hamil?. Mohon dibalas bunda bunda..

    ReplyDelete
  51. Halo Mbak,

    Mungkin ada baiknya langsung cek ke obgyn. Biasanya garis 2 memang hamil tapi kadang terjadi kehamilan kosong meski hormonnya menunjukan hamil, jadi ke obgyn aja amannya ya.

    ReplyDelete
  52. Halo mbak..
    aku kemaren abis ngeflek, sorenya buru2 priksa dokter n usg.. tp di usia kehamilan 8 minggu janin belum keliatan, sementara kantong nya sudah.. dokter tidak bilang apa2 cm kita liat 2 minggu lagi ya bu.. masih cemas ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf ya baru baca. Gimana hasil terbarunya?
      Secara uda 2 minggu sekarang, sehat terus ya. In Shaa Allah ga ada masalah.

      Delete
  53. Mba Fifi,

    Salam kenal ya :) saya jadi lebih semangat setelah baca blognya. Kemarin saya ke dokter cek kehamilan, kalau dr usia kehamilan dibilangnya 6 weeks 6 days tetapi baru kelihatan kantong rahimnya, belom terlihat detak jantungnya. Sama dokter dikasih utrogestan 100 mg (10) sama obat kalo mual dan untuk maag. Krn setahun lalu saya sempat keguguran di week 12, jadi sekarang cemas.
    Kata Dr mungkin akibat krn saya haid nya suka telat, jd mungkin usia kehamilan sebenarnya masih terlihat lebih muda dari yg di layar usg.
    Alhamdulilah saya ngga ada flek, keluhan lain paling mual2, gampang cape, keluhan umum seperti normalnya ibu hamil. Disuruh Dr dateng lg u/ cek 2 weeks from now,
    Oh iya saya ngga dikasih resep vitamin sama Dr nya, saya sebelum hamil sampai skarang minum supplemen folic acid 400mg, paling saya tambah susu hamil pagi hari, jus apel+wortel+tomat sore hari. Kira2 saya perlu tambah vitamin lagi ngga ya?
    Maaf ya kalau jd kepanjangan :P

    - ami -

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mbak, kata aku vitamin tidak terlalu mempengaruhi, yang penting justru asupan makanan sehat dan alami. Jadi memang saat hamil makannya harus dijaga betul mbak :)

      Delete
  54. Salam Kenal Mba Fifi
    mau nanya dong mba, pas hamil pake deodorant, handbody ama parfum engga ?
    Ditunggu jawabannya ya mbaa
    makasih banyak sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo salam kenal juga,

      Aku masih pake deo tapi ga pake segala krim, seperti handbody atau muka. Karena cari aman aja waktu itu. Tapi bisa kok tetep make, cari produk untuk ibu hamil banyak di pasaran :)

      Delete
  55. Haii mbak mau tanya nih waktu d kasih folavit awal hamildiminumnya saat pagi apa mlm hari sebelum tidur? aq jg lagi h2c udh telat 5 hari tpi suruh ke dokternya 2 minggu lagii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Folavit tidak ada jadwalnya mba, bebas waktu minumnya. Maaf ya baru balas, gimana sudah ada kabar baik kah?

      Delete
    2. Haii kak vivi,wah yg kkak alamii sm kyk aq bgt inii udh hmpr 9mngg blm ada tnd pstf kak aq,,klo TP ska tkt soal ny hslny sll ngtf,pdhl dr nvmber aq gak haid smpe skrg,,gmn ya kak,aq bngung n tkut mau priksa,soal nyy omongan nya dkter atoo bidan beda2 gt kak.. 😣😣

      Delete
    3. Sudah periksa ke obgyn? Lebih pasti soalnya di USG :)

      Delete
  56. Hallo mba fifi salam kenal yaa,,
    Mba klo boleh tau sama dokter dyah diberi obatnya apa aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak, aku cuma dikasih Folat aja sama Vit, tapi lupa apa namanya. Pokoknya cuma 2 macem..

      Delete
  57. assalamualaikum mbak fifi,
    aku lagi iseng searching blog tentang pengalaman hamil muda dan ada blog mbak fifi.
    jadi lega setiap kali baca blog yang hamil mudanya senasib.
    aku udah masuk 11 minggu sekarang dari sebelumnya aku mual,pusing sama muntah jg. tp di 11 minggu ini kayaknya menjadi-jadi.
    agak stress jg sih, kerjaannya nangis aku karena seringnya bikin kerjaan aku keganggu.
    kantor pun gak ngasih dispensasi sama keadaan aku.
    iya sudahlah pasrah aja dan usaha tetep semangat ngejalanin kehamilan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah namanya hamil itu berat secara fisik ditambah hormon bikin emosi gampang marah dan sedih. Sabar yaaaaa. Soalnya emang gitu kalau hamil, serba menantang. Tapi kalau kata aku, in sih ujian ibunya, karena punya anak kan lebih heboh lagi nantinya hahaha. Jadi pas inget hamil, rasanya ga sesetres pas baru punya anak... :D

      Delete
  58. Assalamualaikum mba fifi,
    Mau tanya pendapat saya test pack positif, kl menurut perhitungan berarti skrg udh 7w. Tp blm ada kantung. Dan siang keluar darah, k dokter jwb nya kemungkinan keguguran krn blm ada kantung rahim, dan tdk d kasih obat atau d minta unt kiret, dokter hanya bilang jgn kaget kl nanti kluar darah nya banyak.
    Apa perlu transv atau tunggu dl bingung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam....

      Gimana jadinya udah ke dokter?
      Transvaginal itu gpp kok, malah lebih akurat hasilnya. Fungsinya ngecek kalau udah bersih atau belum rahimnya, jika memang keguguran.

      Semoga sehat selalu ya, dan diberikan kekuatan.

      Delete
  59. Hamil memang selalu sarat dengan pengalaman aneka rupa, setiap bumil pasti punya cerita unik dan berbeda. hehehe :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa hamil pertama dan kedua aja ga sama, ceritanya beda-beda dan tantangann juga beda... :)

      Delete
  60. met sore mba..mau nanya,mba waktu usg transvaginal pertama kelihatan kantung di usia berapa minggu kandungannya? saya sampai dengan 8 minggu belum keliatan kantung..
    makasih 😊

    ReplyDelete
  61. Hai pandangan yang anda tahu ada mantra untuk memenangi cinta kembali dari bekas. Saya sudah melakukannya. Saya suka membaca tentang hubungan dan cara membuatnya berfungsi, bagaimana untuk memperbaiki hubungan, dan bagaimana untuk menjaga kehidupan percikan api, walaupun cara bercakap dengan mereka cara tertentu untuk membuat mereka berfikir cara yang berbeza tentang keadaan dan anda. Jika anda memerlukan nasihat atau mahu memenangi semula bekas anda, cubalah ini: augusmimi789@gmail.com salinan dan mesej yang berikut (augusmimi789@gmail.com) Ia akan mengubah mentaliti anda dan mendapatkan apa yang anda mahu.

    ReplyDelete