Arti Kartini

Friday, April 21, 2017

"Selamat Hari Kartini", 2017
(Lola 5 tahun 7 bulan | Lana 3 tahun 7 bulan)

Anak kecil jaman sekarang cuma tahu Kartini itu pahlawan yang memajukan perempuan Indonesia, bagi mereka mungkin itu sosok penting yang harus diketahui. Tapi bagi aku bukan Kartini yang bisa membangkitkan semangat berjuang anak-anak ini, apalagi anak perempuan. Justru aku sebagai ibunya yang harus bisa jadi sosok tegar dan ga berhenti berjuang untuk mereka. Agar kelak mereka mendapat pendidikan yang layak, mendapat pengalaman hidup yang bisa membuat mereka juga bertahan dan kuat.

Kartini adalah contoh hebat pada masanya, kalau jaman sekarang banyak yang menurut aku lebih luar biasa prestasinya yang juga bisa aku teladani. Kelak dengan harapan sosok seperti itu bisa menginspirasi anak-anak untuk menjadi perempuan hebat seperti itu.

Jadi sebetulnya perayaan Kartini itu gimana?
Kemarin di sekolah kakak Lola, seperti biasa dirayakan dengan kegiatan lomba, namun menurut aku mungkin akan lebih seru kalau Kartini Day bisa memanggil sosok perempuan hebat yang profesinya keren, dengan berbagi pengalaman ke anak-anak. Entah dia bekerja jadi ahli bedah, insinyur, atau apapun yang biasanya dilakuin pria, tapi ternyata perempuan juga sama hebatnya.

Bisa juga dengan melakukan lomba yang ga biasa, kayak lomba bercerita tentang sosok teladan favorit mereka, lomba menggambar sekelas (bukan individual, jadi semua punya peranan dan saling kerjasama) apalagi gambar itu imajinasi anak yang ga akan ada habisnya, atau hal lain yang lebih menarik untuk anak mengetahui peranan perempuan, biar anak laki-laki juga ngerti kenapa harus menghargai perempuan (sesepele ngajarin hal guna menghindari semacam sexual harrastment). Ya secara pas kerja kantoran siapa siiiihhh yang bisa lolos dari keisengan laki-laki walau cuma bercandaan temen sekantor! Kayaknya jarang aku denger ga ada laki yang iseng di kantoran, biar cuma manggil "Halo... Neng" (tapi iseng).

Jadi Kartini jangan cuma diinget sebagai 21 April dan dandan pakaian tradisional, tapi justru pentingnya edukasi baik untuk anak perempuan dan laki-laki tentang saling menghargai gender. Kartini-kartini kecil kita itu akan punya tantangan yang jauh lebih berat, jadi ya semoga kedepannya Kartini Day lebih mendalam lagi manfaat acaranya.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments