Sensory Play Diary (Touch: Color Rice Bag)

Thursday, April 30, 2015

"Bermain dengan beras berwarna", 2015
(Lola 3 tahun, 9 bulan | Lana 1 tahun, 9 bulan)

Sensory Play Diary pertama sudah pernah saya publish [disini]. Kali ini kami mencoba sensory play untuk eksplorasi sentuhan. Caranya pun sangat mudah sekali.

Color Rice Bag
Bahan :
Beras, kantong zipper, pewarna makanan, dan minyak (bisa apa saja seperti baby oil, minyak sayur atau olive oil).

Instruksi :
  • Masukan beras ke dalam kantung zipper, jumlahnya dapat sedikit atau banyak, saya memilih sedikit agar tidak mubazir berasnya. Jika merasa sayang, dapat juga diganti dengan pasir kerikil jika ingin lebih banyak jumlahnya dan awet.
  • Tuangkan sedikit minyak, kemudian tuang 3-5 tetes pewarna makanan yang berbeda-beda pada setiap kantung. Warna juga dapat dicampur, misalnya merah dengan biru akan menghasilkan warna ungu.
  • Biarkan anak-anak meratakan warna tersebut sambil bermain dan meremas kantungnya.
Tujuan :
  • Untuk perkembangan motorik halus; meremas dan meraba.
  • Melatih koordinasi mata dan tangan.
  • Kognitif; menjadi akrab dan belajar tentang warna.
  • Meningkatkan permainan imajinatif.
Permainan seperti ini murah meriah namun tetap aman dan juga sangat baik untuk melatih kemampuan anak. Saya sedang berusaha menjauhkan anak-anak dari gadget, sebulan hanya sekitar 2-4 kali diperbolehkan menyentuh permainan pada gadget iPad, kadang dalam sebulan saya sama sekali tidak memberikan iPad. Agar kemampuan motoriknya lebih terlatih dan berjalan sesuai usia anak-anak seumurnya.

Sebagai bonus, kami juga membuat semacam Lava Lamp, tapi versi sederhana. Cukup tuangkan minyak ke dalam air keran yang sudah dimasukan ke dalam botol, lalu tuangkan 3 tetes pewarna, hasilnya indah sekali.

Oh ya Lola dan Lana disini menggunakan pakaian Velvet Junior, karena tidak hanya nyaman, bahannya juga aman. Lagipula Velvet Junior hampir selalu ada dijual di setiap toko bayi dan anak. Lola saja pertama memakainya sedari baru lahir pulang dari rumah sakit, jadi sudah pasti hampir setiap anak Indonesia minimal memiliki satu set, karena selalu ditawarkan oleh mbak SPG di toko bayi, ya kan? Hehe. Plus variasi ukurannya yang dari newborn sampai anak 10 tahun juga ada.

Nah pada tahun 2003 Velvet Junior berkomitmen untuk menyediakan pakaian yang sehat, nyaman, dan aman, dan di tahun 2010 mendapatkan sertifikasi dari Oeko-Tex® Standard 100 kelas 1 dari TesTex di Zurich, Switzerland, sebuah sertifikasi yang ketat bergengsi dan hanya terbatas bagi beberapa pemasok di seluruh dunia. Dan jadi satu-satunya pemilik sertifikat ini untuk kategori pakaian anak, canggih ya.

Produk Velvet Junior pasti bebas dari bahan-bahan atau materi-materi yang dilarang oleh hukum dan/atau dapat membahayakan kesehatan bayi dan anak-anak. Tidak hanya itu, komitmen Velvet Junior sudah bersertifikasi SNI Perdana, dimana telah lolos uji materi tekstil. Ini berarti semua produk velvet bebas dari kandungan AZO (rantai kimia karsinogenik yang dapat menyebabkan kanker pada manusia), bebas dari formaldehida, dan bebas dari logam terekstraksi.

Nah mari #LihatLebihDekat dengan anak-anak :)


Oh ya jangan lupa, ada kompetisi Velvet Junior. Foto yuk momen seru bareng anak dengan hashtag #LihatLebihDekat saat sedang pergi berbelanja bareng, selfie sebelum tidur, atau apapun yang seru, bagi calon ibu juga boleh ikutan, foto saat seru menantikan kehadiran calon bayi ya. Silahkan juga buka website-nya untuk melihat tips-tips di velvetjuniorindonesia.com dimana kita juga dapat berkonsultasi dengan para ahli, dan bertanya seputar si kecil.

Syaratnya hanya follow akun Instagram Velvet Junior ya, di @velvetjunior. Ada hadiah hampers dari Velvet Junior di setiap minggunya. Ini nih hampers-nya Lola dan Lana kemarin. Buanyaaaaakkk sekali ya stok Velvet Junior-nya, hehe sampai Lola SD juga ada ukurannya.

"Good night everyone", 2015

Nah mulai sekarang jangan hanya memilih mainan saja yang aman untuk anak, tapi pertimbangkan lagi pemilihan pakaian anak, dimana akan lebih menenangkan hati jika tidak ada bahan kimia yang membahayakan kulit dan pernafasan. Anak-anak kan hobi menggigit baju, kebayang kan material yang tertelan?

Yuk sadari dan #LihatLebihDekat lagi, untuk kesehatan mereka. Oh ya tips pakaian balita, bahan harus menyerap keringat dengan baik, sebab mereka super aktif, namun bahannya juga tidak berat dan lama keringnya saat dicuci. Velvet Junior menjawab semua kebutuhan itu. Cobain deh saat menjemur pakaian Velvet Junior pasti cepat kering. Tentunya ini juga berarti menyerap keringat dengan baik tanpa membuat pakaian menjadi lembab.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments