Tips Berbagi Mainan

Thursday, February 25, 2016

"Pinjam dong Lana, boleh ga?", 2016
(Lana 2 tahun 5 bulan)

Tentu lebih banyak dijawab Lana, "Engga boleehhhh". Susah ya ternyata mengajarkan anak kita untuk mau berbagi mainan, apalagi jika mainan itu favoritnya. Kendalanya karena Lana masih lebih kecil menurut saya, kalau sudah 3 tahun pola pikirnya sudah berbeda dan lebih memiliki empati kepada orang lain.

Tapi yang namanya mengajarkan berbagi itu kan wajib sedini mungkin, supaya terbawa terus sampai besar nanti. Berikut tips dari saya yang manjurrr di kakaknya Lola, tapi belum berhasil di Lana. Tapi tetep ya mereka masih suka berantem juga. Ya dimaklumi masih anak kecil, tingkat sabarnya juga ga setinggi itu.

1. Berikan kesempatan untuk anak bermain sampai selesai. Karena kalau belum puas lalu diminta meminjamkan, ya pasti dia jadi BT. Kita juga akan begitu, belum selesai memakai barangnya, ehhhh ada yang mau pinjam tanpa mau menunggu.

2. Berikan waktu yang jelas, berapa lama mainan itu boleh digunakan. Sehingga anak yang akan meminjam juga punya tanggung jawab atas mainan tersebut, dan tidak seenaknya saja meminjam.

3. Tidak memaksa untuk berbagi. Karena saya setuju bahwa setiap anak boleh memperjuangkan hak dia untuk meneruskan bermain dengan mainannya. Saya jarang sekali menggunakan kata, "Kakak sudah besar jadi mengalah ya", karena itu paksaan menurut saya. Toh kalau anaknya sudah mengerti kenapa harus berbuat baik, pasti otomatis akan memberikan mainan.

4. Memberikan panutan, dengan mencontohkan kita sebagai pribadi yang mau terlebih dahulu menawarkan sesuatu kepada orang. Sebelum direbut mainannya, lebih baik anak bisa menanyakan dulu apakah ada yang mau bermain bersama dia apa tidak. Ini jauh lebih nyaman ketimbang nanti dia ditanyakan boleh pinjam tidak? Tapi akhirnya merasa terancam akan direbut.

5. Mengalihkan perhatian kepada mainan lain. Jika sudah kepalang tanggung dipaksa untuk dipinjamkan, saya akan menyuruh Lola untuk mencoba mainan lain dengan memberi informasi pasti akan lebih seru lagi kalau main yang itu.

Semoga tips singkatnya membantu ya, karena berhasil saya terapkan di Lola. Namun ya kalau mood anak sedang tidak bagus, mau gimana pun juga pasti aja ada rasa tidak mau meminjamkan. Kalau ujungnya rebutan, ya palingan saya suka jauhin aja dulu mereka supaya tidak makin panas situasinya.

PS:
Saya juga selalu membiasakan anak-anak untuk mensortir mainannya 3 bulan sekali untuk disumbangkan. Sudah menjadi kebiasaan bagi mereka, jika ada mainan yang tidak dipakai otomatis meminta kepada saya untuk dipisahkan saja.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments